Sabar

25 Ramadan 1431, 4 sept 2010

 

Sabar memang bisa didapat dari mana saja. Dan kali ini saya belajar sabar dari jalanan. Sore ini, kala saya sedang mengendarai motor, tiba-tiba ada orang yang memutar tepat di hadapan saya. Wow, saya yang sudah lama nggak naik motor, tiba-tiba kena kejadian kaya gitu, rasanyaa… kaget, kesal juga geregetan. Trus, dimana letak sabarnya? Ya itu, sabar untuk menahan perasaan, sabar untuk tidak mengumpat, tidak marah-marah.

 

Trus juga hari ini, ketika saya ingin membeli takjil, ada mobil yang tiba-tiba mundur. Mobil itu membawa kerangka alumunium dan ia mundur tanpa ada yang mengomando. Saya hanya bisa terbengong-bengong ketakutan. Dan berucap “Astaghfirullah .. maaf.” Setelah pulih dari rasa ketakutan yang hebat, saya benar-benar merasa bersyukur pada Allah yang telah menyelamatkan saya dari musibah-musibah hari ini. Allah memang Mahamenjaga. Menjaga hambaNya dari musibah, menjaga lisan hambaNya dari perkataan tidak baik. Rabbana lakal hamdu kama yan baghilii jalaali wajhika wa azhimi sulthanik.

 

Dari kedua kejadian itu, saya mulai mengingat ulang momen-momen saat saya selamat dari musibah yang nyaris menimpa. Ketika saya sudah pasrah dan menyerahkan semua hanya kepadaNya, saat itulah tanganNya bekerja.

 

Rasanya ingin sekali hati ini selalu dipenuhi rasa syukur, tak tersisa tempat untuk perasaan-perasaan lainnya. Seperti sore tadi. Akan tetapi, mungkin memang sifat manusia yang mengingatNya di kala sulit.

 

Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu dari padanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan.” (QS Yunus: 12)

Betapa inginnya saya ya Tuhan, menjadi bagian dari orang-orang yang di hari yang dijanjikan kelak, tidak ada kesedihan padanya dan tidak pula bersedih hati.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s