Meremove kata ‘saya’

Suatu kali, di sebuah artikel berjudul “Agar Hari Anda Lebih Menyenangkan” saya membaca sebuah tips: kurangi penggunaan kata ‘saya’ dan ‘milik saya’. Saat itu, saya pikir, nggak ada korelasi antara hari indah dan penggunaan kata ‘saya’.

Tapi, setelah membaca ulang beberapa catatan, ada satu hal yang saya sadari. Terlalu banyak kata ‘saya’. Dalam satu paragraf pendek, bisa-bisa tertulis delapan kata ‘saya’. Maka, setelah itu, setiap kali membuat catatan, saya akan membaca ulang, dan mencoba meminimalisasi kata tersebut.

Me-remove kata ‘saya’ artinya berusaha untuk tidak egois. Berusaha untuk tidak terlalu narsis. Begitulah maknanya, setidaknya bagi saya.

*Bahkan di catatan pendek ini ada tiga belas kata tersebut. Saya masih egois, eh?

Tinggalkan Balasan

