Tanpa Sadar, Kau Telah Berdoa!

Liburan ini, saya menemukan sebuah dokumen lama; hasil tes IQ saat kelas VII. Dari selembar kertas itu, tertulis bahwa minat pekerjaan saya: Outdoor (Tinggi), Mechanical (Tinggi), Computational (Rendah Sekali), Scientific (Tinggi Sekali), Persuasive (Rendah), Artistic (Sedang), Literary (Tinggi Sekali), Musical (Rendah), Social Service (Sedang), dan Clerical (Rendah).

Ups. Benar, sampai sekarang saya masih ingin jadi scientist. Lalu, mengapa saya terdampar di belantara Akuntansi? Padahal, minat saya pada hitung-hitungan tergolong rendah sekali.

Selain karena kehilangan arah selepas SMA, rasanya perkataan saya yang asbun turut berpengaruh.

***

Saat SNMPTN, Fakultas Kedokteran jadi pilihan pertama saya. Entahlah, tapi rasanya itu karena ikut-ikutan teman saja. Sampai saat ini, fakultas kedokteran masih prestisius bukan? *Payah deh, Cuma gara-gara prestise -.-

Tapi, kau tahu apa yang pernah saya katakan?

Waktu itu, seorang dokter (spesialis bedah jantung anak) yang juga teman Abi berkunjung ke rumah, dan bertanya kepada saya, “Teh mau ambil jurusan apa? Mau jadi dokter?”

Saya jawab dengan cueknya (dan nggak pake mikir) “Nggak mau ah, jijik.”

***

Pilihan kedua saya adalah Ilmu Gizi.

Lalu, apa yang pernah saya katakan ke seorang teman?

“Enggak ah, nggak mau. Semoga aja nggak diterima di sana.”

Teman saya bingung. Ia tanya, “Trus kamu mau masuk mana?”

“Lihat hasilnya dulu,” jawab saya, “Rencana B, saya masuk STAN.”
Dan tralala, beginilah tangan Tuhan bekerja. Inilah jawaban ‘doa-doa’ yang saya panjatkan tanpa sadar itu.

Epilog
Rasanya bodoh, bila di tahun terakhir ini saya masih bertanya-tanya, “Kenapa saya kuliah di Kampus ini?” Saat ini sudah bukan saatnya untuk merutuk. Meski belum yakin benar kalau saya berjodoh dengan Akuntansi, rasanya tahun-tahun perkuliahan di Kampus ini akan saya rindukan :)

Buat kau, semoga cerita ini bisa dijadikan pelajaran.

*mahasiswi (yg baru saja lulus ke) tingkat III dan berusaha menikmati setiap momen di tahun terakhirnya*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s