Tarawih bagi Wanita, di Masjid atau di Rumah?*

Dan bagi salah seorang ulama qadim (terdahulu) yang berpendapat bahwa salat tarawih di rumah lebih afdhal, pendapat ini khusus bagi orang yang salat sendirian dan yang paling suka memanjangkan salatnya dan ia tidak menemukan dalam salat jamaah suatu kepuasan. Adapun jika ia menemukan kepuasan itu pada salat berjamaah, maka yang lebih utama ia melakukan salat berjamaah. Agar jamaah mereka menjadi besar dan menjadi kuat.

Oleh karena itu, sebagian ulama madzhab Syafi’i berkata: “Barang siapa yang hhafal Quran dan tidak khawatir terserang malas di samping tidak mengganggu salat jamaah di masjid dengan ketidakhadirannya, maka baik salat tarawih berjamaah di masjid maupun sendirian di rumah adalah sama saja. Tetapi barang siapa yang khawatir kehilangan sebagian dari hal-hal tersebut di atas, maka salat tarawih berjamaah baginya adalah lebih afdhal” (Fathul Bari, juz 5 hal 156)

Yang seperti ini adalah masalah salat tarawih bagi para wanita. Bagi mereka, salat tarawih di rumah adalah lebih afdhal. Ini jika mereka menghafal Al Quran, tidak malas melaksanakan salat jika berdiam di rumah. Tetapi yang dapat kita saksikan, jika wanita tidak pergi ke masjid, maka sangatlah jauh ia akan melaksanakan salat tarawih.

Kalaupun ia salat, maka salatnya pasti hanya seperti ayam makan (sangat cepat—tanpa tumakninah), padahal jika ia berada di masjid, ia akan mendengarkan bacaan Quran dan mendengarkan ceramah selain dapat berkumpul dengan wanita-wanita salihah lainnya, maka mereka akan saling tolong-menolong dalam kebaikan dan takwa. Hal ini tentu akan membawa kebaikan yang sangat banyak.
Wallahua’lam bisshawab

*disalin ulang dari buku Fiqih Shiyam, Puasa Menurut Al Quran dan As-Sunnah karya Yusuf Qardhawi halaman 155. Terbitan Islamuna Press, Cetakan I/1410 H-1990 M
25 Ramadan 1432 H,

[H2O1|2]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s