Catper: Misi Kenegaraan Bonus Jalan-jalan (5/5 -part 2) Selesai

Malamnya, diantar Abi Zul, Ummi Desfi, Titin dan Faris kembali ke Bukittinggi. Perjalanan berliku-liku dan malam hari sukses ditaklukkan Abi Zul. Wow. Padahal jauh lho. Kata Ummi, kalau Abi ada ‘melingkar’ (jadwal para Ayah biasanya malam hari), Abi biasanya menepi lalu tidur sebentar di dalam mobil. Terimakasih, Ummi Desfi dan keluarga. Benar-benar keluarga yang hangat.

Esoknya, bersama Ammi Aan, Ammah Ika, Abang Gaza, Ayyash dan Uwak, bersilaturahmi ke rumah sahabat karib Abi –alm. Ust. Amir. Ini pesan dari Ummi, “Kalau ke Padang, mampir ke tempat Ummi Dilla.”

Wah tugas negara nih, nggak bisa pulang kalau yang satu ini belum tunai.

Ammah Ika pulang lebih cepat dari sekolah. Ammi Aan pun sama, pulang lebih awal dari kantor. Mengapa? Itu tadi. Hendak mengantar ke Solok -kediaman Ummi Dilla. Alangkah baiknya.

Perjalanan kesana melewati tepian danau Singkarak. Indah sekali. Di danau Singkarak ada spesies ikan endemik. Namanya ikan bilih. Hanya hidup di danau Singkarak. Rasa ikan bilih berlumur cabai hijau itu. Maknyuussss! :-9

Agak bingung juga mengenai arah karena belum pernah ke tempat Ummi Dilla. Tapi ada Hilal yang menjemput dan menjadi pemandu jalan.

Sudah lama tak jumpa Uni –sejak MTs. Bayangkan Uni yang dulu kau kenal masih di jenjang ‘Aliyah. Masih unyu unyu, sekarang sudah punya dua anak (?) Takjub. Ya Allah Uniku sayang Uni Dillaa~

Sore itu dihabiskan dengan berbagi kisah ke Uni Dilla. Sampai tiba waktunya Magrib –rasanya sayaang sekali untuk pamit diri. Masih mau melepas rindu sama Uni.

Uni Dilla

Uni Dilla

Nah, keluarga Ummi Dilla sedang saum sunnah hari Senin. Diajak berbuka puasa bersama di soto Silungkang. Katanya sih, warung soto ini terkenal sekali –sampai ada presiden yang kalau ke Padang mesti mampir ke warung ini. Sampai sini jumpa Uni Dilla, kami kembali ke Bukittinggi. Sampai malam hari.

Besoknya, diajak Ammah Ika dan Ammi Aan ke sentra sulam, malamnya makan sate padang. Btw, ini pertama kalinya saya makan sate padang. Biasanya saya enggan -atau hanya menyantap ketupatnya. :-9999 Enaaak! Efek makannya di Padang atau gimana ini? Pokoknya lidah saya cucok sekali sama masakan Padang. Sehabis itu, beli pempek dan pulang. Malam lagi.

Besoknya lagi, saya diajak ke Istana Pagaruyung. Duh besar sekali. Sayangnya sedang ditutup, sebab baru selesai tahap restorasi. Pernah kebakaran, telah diperbaiki, tapi belum diresmikan oleh Presiden. Sebelum dibuka presiden, belum ada kalangan umum yang boleh masuk ke sana. Alhasil cuma mengintip-intip dari luar. Kecewa segera terobati karena Ammi Aan beli durian :-9

di depan istana Pagaruyung

di depan istana Pagaruyung

Pagaruyung, bersama Ammah Ika dan kel :)

Pagaruyung, bersama Ammah Ika dan kel :)

hari Jumat, saatnya jalan sendiri. Setelah paginya ikut mengantar Abang Gaza dan Adik Ayyash ke TK, saya ke Pasar Ateh –cari cari kerudung dengan aplikasi sulam bayang, sekalian cari oleh-oleh untuk orang rumah.

Alangkah baiknya Ammah Ika – Ammi Aan dan keluarga, saya dibekali macam-macam makanan (sanjai, keripik balado, keripik keju segala rupa), baju koko kerancang buat Abi, dan bahan bordir buat Ummi. Nggak ketinggalan kerudung buat saya dan Refita. T_______________________________T

Coba, hampir tiap hari pulang malam karena habisa jalan-jalan. Padahal saya sudah ngak terhitung tamu lho. Menginap sudah lebih dari tiga hari. Duh bagaimana balasnya. Saya berhutang budi. Jazakumullah khairal jazaa’, semoga Allah membalas kebaikan Ammah Ika-Ammi Aan sekeluarga.

… dan saya melaju kembali ke Lampung naik bus ALS.

Iklan

2 thoughts on “Catper: Misi Kenegaraan Bonus Jalan-jalan (5/5 -part 2) Selesai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s