Nayla’s Separation Anxiety

Just a quick update. Mestinya dengan kemudahan ponsel dan jaringan, rajin nulis disini ya. 😅

Sudah dua hari semenjak Nayla full ditinggal di rumah. Setiap itu pula, ketika ditinggal Nayla menangis, kadang ekspresinya itu sedih banget –sampai gak ada suaranya. Gimana gak bikin hati mencelos? 😭

Jika tidak memungkinkan untuk dibawa ke kantor, Nay memang ditinggal di rumah. Karena sekarang sudah ada Fitri, bibinya (benar-benar bibi, hitungannya masih sepupu suami) jadi, bisalah ditinggal kalau kita lagi ada kerjaan. Keberadaan Fitri benar-benar membantu deh (tapi bikin lalai juga sih 😅).

Nah, pernah baca sekilas kalau itu namanya separation anxiety, tapi baru inilah baca-baca agak banyak artikel. Hal ini normal sebagai perkembangan emosi anak. Ada yang mulai sejak usia 6-7 bulan, tapi kebanyakan masa krisisnya 10-18 bulan. Akan lebih mudah diatasi usia 24 bulan. Normal sampai usia 3-4 tahun.

Tapi kalau masih begitu sampai usia  dewasa, perlu perhatian lebih agar terhindar dari kelainan Separation Anxiety Disorder/ SAD.

Apa penyebab anxiety disorder?

Si anak takut terpisah dgn seseorang yg jadi figuritas (biasanya Ibu), atau takut jauh dari tempat yg sudah dikenal (rumah). Takut si Ibu “hilang” dan gak balik lagi.

Mantranya, once you leave, leave! Jangan ngintip-ngintip atau bentar-bentar balik lagi. Itu gak akan membantu.

Oya, si Nay kemarin-kemarin asal emaknya pulang, dia nangis. Sekarang enggak lho, sudah tertawa. Kemajuan ya?

Sedih juga sih 😂 Ada sedihnya ada senangnya. #lho Yah, ummi doakan ya nak semoga perkembangan Nayla baik-baik dan optimal.

In the meantime, enjoy the sweetness of knowing that to your child, you are number one! ❤️ – babycenter.com

Tahu gak, obat yang paling ampuh? Bersama terus dgn si anak! Whoa!

Jadi pingin resign ga sih? Tapi what will you do after quit your job? Well, hmm hmmmmm …

See ya later!

-Hm-

Iklan

7 thoughts on “Nayla’s Separation Anxiety

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s