Sejarah Perempuan Indonesia #ReviewSukasuka

  
Membaca buku “Sejarah Perempuan Indonesia” terbitan Komunitas Bambu, rasanya jauuuuh sekali dari masa itu (’50-an) tapi sambil mencoba merasakan seperti apa rasanya. Bahwa sejak masa Kartini telah banyaaaaaak yang berubah. Apakah orang-orang yang dulu memperjuangkan hak-hal perempuan, akan bangga melihat pencapaian di masa ini?
Kongres yang dimulai pertama kali tahun 1928. Kata “talak” yang dipegang suami dan menempatkan suami pada posisi superior. Soekarno yang pada masa revolusi mendukung pergerakan wanita –dituangkan dalam bukunya “Sarinah”, tapi kemudian ‘menyakiti’ hati perempuan dengan menikahi istri yang kedua. Perseteruan antara gerakan reformis-liberal dan reformis-agamis soal poligami, apakah kebolehannya mesti diatur dalam Undang-undang? Yang pertama meyakinkan hal tersebut untuk melindungi kaum perempuan, dan kelompok kedua meyakini bahwa poligami diizinkan –bukannya diwajibkan, dan sebagai ummat beragama sudah punya Qur’an -dalil yang tidak dapat dibantah-, lebih jauh, tidak adanya poligami dapat menimbulkan prostitusi terselubung.
Alangkah cemerlangnya pemikiran-pemikiran para pionir. Bahkan mereka sudah memikirkan “Rumah penampungan anak-anak bagi perempuan bekerja” yang diupayakan disediakan negara.
Di sisi lain, saya juga berpikir, di masa ini yang Ayah dan Ibu keduanya sama-sama bekerja, akankah datang suatu masa dimana hal ini akan menjadi penyesalan? Dan wanita akan kembali ke rumah? Apa jadinya bila lapangan pekerjaan untuk wanita dibatasi dan biarkan para pria mengisinya? Apakah akan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat kita? Atau malah menjadi suatu kemunduran?
Hmmm… Membaca buku ini menambah sesak daftar pertanyaan belum terjawab di sudut otak saya.
Yah, shopping pemikiran orang lain memang gak kalah seru dengan online shopping 😛

PS. Habis baca buku ini, saya malahan baca Serial Shopaholic-nya Sophie Kinsella. Ugh, chicklit memang jualan mimpi yang too good to be true 😅 Oya, dan “Pulang”-nya Tere Liye. Semoga sempat  review suka-suka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s